Spring Lost Motion Patah

PT Honda Prospect Motor mengumumkan menarik atau recall 30.525 unit mobil Honda Jazz, Freed, dan City dalam rangka penggantian komponen lost motion spring, yang mengalami masalah.
Apa dan bagaimana  Lost Motion Spring  Bekerja dan bagaimana bias terjadi kerusakan ??
Honda Indonesia menyatakan, komponen lost motion spring, yang berfungsi menekan lengan penggerak atau rocker arm pada putaran mesin rendah, setelah kurun waktu tertentu dapat melengkung dan patah, sehingga menimbulkan bunyi mesin yang tidak normal. Di karenakan ketinggian setelan permukaan antara  Lost Motion Spring retainer dan bagian yang bersinggungan  dari rocker arm pada system VTEC, hambatan pada bagian yang bersinggungan menjadi lebih besar, jika pelumasannya tidak mencukupi ketika kondisi stasioner setelah mesin dihidupkan atau ketika mobil dikendarai dengan kecepatan yang rendah dan  Spring Lost Motion  bergerak maju dengan arah kesamping. Akibatnya tegangan pada spring akan mencapai titik maksimum dan melebihi batas kekuatan yang berakibat spring patah.
Kerusakan  Spring Lost Motion akan menimbulkan suara yang tidak normal . kondisi yang paling buruk yang mungkin terjadi, pegas dapat terlepas dan tersangkut diantara cylinder head dan camshaft sehingga waktu pengapian akan berubah, mengakibatkan mesin tidak bias dinyalakan kembali.
Sedikit  detail penjelasan tentang  VTEC. VTEC mempunyai dua rocker arm untuk mengatur waktu buka dan tutup intake valve dan juga ketinggiannya, hal ini meningkatkan efisiensi bahan bakar dimana pada kondisi putaran mesin rendah rocker arm terbuka sedikit dan pada putaran tinggi rocker arm akan terbuka lebih lama dan lebih besar. Dengan merubah rocker arm untuk putaran mesin rendah dan putaran tinggi akan memberikan performa berkendara yang halus dan bertenaga pada saat melakukan akselerasi.
Kerusakan ini berpotensi menyebabkan mesin mogok. Komponen ini terdapat pada rocker arm mesin VTEC pada sebagian Honda Jazz, Honda City, dan Honda Freed yang diproduksi dalam kurun waktu tertentu.

3 comments:

Unknown said...

Mampir sekalian kasih info, linknya sdh terpasang juga... ^_^

med's said...

thanks brooo......

Unknown said...

pada jazz 2017 apakah masih ditemui om bro... punya saya ada suara tek tek kayak suara klep longgar saat rpm rendah dibawah 1000rpm

Post a Comment

Copyright © Sistem Mesin by med's